Belajar Bersyukur

“Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa berdzikir kepada-Mu, bersyukur (atas nikmat) kepada-Mu, dan membaguskan ibadah kepada-Mu.”

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS 16: 18)

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS 2: 216)

“Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’.” (QS 14: 7)

“Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas umat manusia, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mensyukurinya.” (QS 10: 60)

“Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?” (QS 55: 13)

“Dan hendaklah bertakbir atas anugerah yang telah Allah berikan. Semoga kalian menjadi hamba-Nya yang bersyukur.” (QS 2: 185)

Telah diriwayatkan bahwa Nabi Musa AS pernah bertanya kepada Tuhannya: “Ya Rabb, bagaimana saya bersyukur kepada Engkau?” Rabbnya menjawab: “Ingatlah Aku, dan janganlah kamu lupakan Aku.  Jika kamu mengingat Aku sungguh kamu telah bersyukur kepadaKu. Namun, jika kamu melupakan Aku, kamu telah mengingkari nikmatKu”.

Ketika Rasulullah SAW beribadah sampai kaki beliau bengkak-bengkak, Aisyah istrinya berkata, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau beribadah sampai seperti itu, bukankah Allah telah mengampuni segala dosamu?” Rasulullah menjawab, “Tidakkah engkau suka aku menjadi hamba Allah yang bersyukur?”

—sedang belajar menjadi manusia yang pandai bersyukur…

2 thoughts on “Belajar Bersyukur

  1. Wah, trit ini bisa mengingatkan saya untuk selalu bersyukur. Jika kita ditimpa sesuatu yang tidak baik, kita harus ingat bahwa sesuatu yang tidak baik di mata kita belum tentu tidak baik juga di hadapan Allah. Jadi, tetep harus bersyukur. Semua hal pasti ada hikmahnya.:D

Leave a Reply

