Ijinkan Kami Menangis

Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah telah bersabda, “Tiada sesuatu yang lebih disukai Allah melainkan dua tetes dan dua bekas; tetesan air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah dalam mempertahankan agama Allah. Adapun dua bekas adalah bekas perjuangan fi sabilillah dan bekas yang timbul karena memperjuangkan hal-hal yang diwajibkan Allah.” (HR. Turmidzi)

“Orang yang melakukan dosa dalam keadaan tertawa akan dijebloskan ke dalam neraka dalam keadaan menangis dan orang yang melakukan ketaatan dalam keadaan menangis akan dimasukkan oleh Allah ke surga dalam keadaan tertawa.” (Ahli Zuhud)

Rasul berpesan: “Mata yang beku yang tidak mampu menangis adalah karena hati orang itu keras, dan hati yang keras adalah karena menumpuknya dosa yang telah diperbuat. Banyaknya dosa yang dibuat seseorang adalah karena orang tersebut lupa mati, sedangkan lupa mati datang akibat panjangnya angan-angan. Panjang angan-angan muncul karena terlalu cinta pada dunia, sedangkan terlalu mencintai dunia adalah pangkal segala perbuatan dosa.

Beruntunglah bagi mereka yang dapat menangis karena takut kepada Allah atau karena terharu dalam agama. Menangis juga bisa terjadi karena begitu besarnya kasih sayang Allah yang diletakkan di dalam dada seseorang, seperti sabda Rasul ketika melihat putranya, Ibrahim, menghadapi sakaratul maut, “Air mata ini adalah kasih sayang yang diletakkan Allah dalam hati setiap hamba-Nya.

Ya Allah, karuniailah kami kemampuan untuk menangis. Ijinkanlah kami untuk bisa menangis karena-Mu. Basahilah mata kami, lembutkanlah hati kami, ampunilah dosa kami, ingatkanlah kami akan datangnya kematian, hilangkanlah perasaan cinta dunia dari dada kami. Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan. Dan Engkau lah sebaik-baik pemberi karunia…

2 thoughts on “Ijinkan Kami Menangis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s