Tentang Biaya Masuk Ke ITB

Berikut ini ada info tentang biaya masuk ke ITB yang belakangan ini begitu santer diperbincangkan. Info ini diambil dari milis, semoga bermanfaat.

Teman-teman,

Beberapa teman menyampaikan concern soal biaya masuk ITB yang di beritakan sama rata sebersar Rp. 55 juta. Kemarin saya menanyakan hal ini kepada Pak Rektor. Berikut ini adalah klarifikasinya.

Sesuai tanggung jawabnya, ITB berupaya menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dengan kualitas yang baik, dan membuka peluang kepada semua calon mahasiswa terbaik, dari semua golongan ekonomi untuk bisa kuliah di ITB.

Tahun ini 100 % penerimaan melalui SNMPTN dimana 60 % melalui jalur undangan dan 40 % melalui ujian tertulis. Pada penerimaan melalui jalur undangan, akan dilihat rangking dan konsistensi raport siswa disamping standar sekolahnya. Saat ini ITB punya data dalam 5 tahun terakhir sekolah mana saja yg siswanya pernah diterima/masuk ke ITB dan bagaimana prestasi mahasiswa dari sekolah2 yg bersangkutan. Melalui cara ini diharapkan ITB akan memperoleh calon mahasiswa terbaik.

Bila mahasiswa dinyatakan lulus maka ITB akan melihat penghasilan orang tua untuk menentukan subsidi yang perlu diberikan oleh ITB. Jadi tidak dilihat penghasilannya dulu baru diterima. Prosesnya sederhana, mendaftar seperti biasa nanti ada formulir dengan beberapa pilihan yang perlu diisi. Pilihanya :

  • diatas Rp. 55 juta sebutkan berapa ……..
  • Rp. 55 juta,
  • minta subsidi :  a) 25 %      b) 50 %     c) 75 %     d) 100%
  • beasiswa pendidikan
  • beasiswa pendidikan dan biaya hidup

Pilihan di atas akan diverifikasi dengan penghasilan kedua orang tua. Untuk mendapatkan beasiswa pendidikan / beasiswa pendidikan dan biaya hidup, surat keterangan kurang mampu dari departemen sosial biasanya diminta.

Semoga dengan cara di atas tujuan untuk membuka peluang kepada semua calon mahasiswa terbaik dari semua golongan ekonomi untuk bisa kuliah di ITB dapat terealisasi.

Salam hangat penuh semangat.

Betti Alisjahbana

2 thoughts on “Tentang Biaya Masuk Ke ITB

  1. wah cocok banget dengan postinganmu sebelumnya nur, aku dah berprasangka bahwa ITB mau menerima mahasiswa yang kaya-kaya saja.., ternyata ndak juga…

    thanks infonya mantab

  2. serba dilematis sih mas. untuk menyediakan pendidikan yg bagus, dibutuhkan dana yg besar. di sisi lain, kampus hanya di subsidi parsial. sehingga kekurangannya pun dibebankan ke mahasiswa. ya kalau mahsiswanya dr kalangan atas, kalau dr orang2 kecil bagaimana?

    semoga saja semakin banyak beasiswa yg ada untuk membantu mahasiswa yg kurang mampu, tanpa melihat prestasi selama ini nya. soalnya sangat sedikit sekali mereka yg krg mampu bisa tetap berprestasi. di saat yg lain berpikir mempersiapkan kuliah, SNMPTN, olimpiade dll, mereka yg kurang mampu hanya berpikir bagaiman mereka bisa tetap bisa sekolah. Kuliah menjadi hal yg diimpikan, namun melihat biayanya jg menyeramkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s