Prasangka

“Aku terserah persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya (memberi rahmat dan membelanya) bila dia menyebut nama-Ku. Bila dia menyebut nama-Ku dalam dirinya, aku menyebut namanya pada diri-Ku. Bila dia menyebut nama-Ku dalam perkumpulan orang banyak, Aku menyebutnya dalam perkumpulan yang lebih banyak dari mereka. Bila dia mendekat kepada-Ku sejengkal (dengan melakukan amal shaleh atau berkata baik), maka Aku mendekat kepadanya sehasta. Bila dia mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku mendekat kepadanya sedepa. Bila dia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat (lari)” (HR Bukhori & Muslim)

2 thoughts on “Prasangka

  1. Seingat saya, maksut hadits ini:

    1. Firasat atau prasangka orang mukmin, dalam hadits lain ‘berhati-hatilah dengan firasat orang mukmin, bs jd benar’, tapi lupa riwayat siapa.

    2. Kebersamaan Allah swt. selalu ada jika kita mengingat-Nya.

    Koreksi kalau tidak tepat ya..🙂

Leave a Reply

