Dari Tokyo Sampai Bukhara

Mumpung masih di awal tahun, saatnya untuk menuliskan kembali mimpi yang belum terwujud. Dari sekian banyak mimpi yang ingin diraih tahun ini, ini dia salah satunya. Menjelajah dua negeri: Jepang dan Uzbekistan! Di Jepang, ingin singgah di Tokyo, tepatnya di salah satu kampus terbaiknya, juga di Gunung Fuji yang kesohor itu. Di Uzbekistan, yang merupakan salah satu bagian dari Khurasan, ingin menyambangi kota-kota tua nan bersejarah, seperti Bukhara, Khiva, Samarkand, Termez, dan Tashkent. Kota-kota tersebut dahulunya sangat ramai karena menjadi salah satu jalur utama jalan sutera era perdagangan masa lampau. Kota-kota yang pernah dikuasai Persia, Romawi, Islam, dan Rusia. Beberapa di antaranya termasuk ke dalam kota warisan dunia UNESCO. Selain ingin menikmati pesona sejarah (terutama sejarah Islam), juga ingin menggali kebudayaan dan kuliner khas negeri Asia Tengah tersebut.

Tahun lalu, hanya sempat singgah setengah hari di Tokyo, tepatnya di Narita. Belum sempat kemana-mana, sudah harus melanjutkan perjalanan. Tahun lalu juga, mimpi untuk menjejakkan kaki di tanah orang-orang Uzbek pupus sudah. Padahal sudah ada teman dari Uzbekistan yang siap membantu. Pihak Kedubes RI pun sudah sangat welcome. Keterbatasan dana, keterlambatan Letter of Invitation dari panitia, serta mepetnya persiapan menjadi pembelajaran yang sangat berharga. Tahun ini, insya Allah bisa. Amiin.

Dari Tokyo sampai Bukhara

Dan jika kita telah membulatkan tekad, maka bertawakallah pada Allah. Karena sesungguhnya jika kita bersungguh-sungguh, niscaya Ia benar-benar akan menunjukkan jalan-jalan-Nya.

6 thoughts on “Dari Tokyo Sampai Bukhara

  1. Ya, negeri-negeri itu selalu memberikan sejarah baru bagi kita. apalagi BUkhara… dan pindah sedikit ke jazirah Arabnya, betapa kaya khazanah peradaban masa lalu Islam….

    Mari ciptakan peradaban baru di sini,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s