Referensi Ilmiah Online

Kesulitan mencari referensi ilmiah online? Jangan khawatir, beberapa situs berikut ini menawarkan layanan referensi ilmiah (kebanyakan ebook) gratis.

1. Scribd

Situs ini tidak hanya berisi buku, tapi juga ada paper, jurnal, presentasi, dan jenis-jenis dokumen yang lain. Awal mempunyai akun ini (sekitar 3 tahun lalu) sampai beberapa bulan yang lalu, aku masih bisa download sepuasnya. Namun, beberapa hari yang lalu, ternyata untuk mendownload minimal aku harus mengupload sebuah dokumen (istilahnya barter gitu lah). Kalau untuk yang berbayar, tidak usah repot-repot mengupload, bisa download seenaknya.

2. Gigapedia

Situs ini merupakan situs favoritku. Banyak sekali koleksi bukunya, walaupun terkadang ada link yang sudah mati. Terdapat abstrak, komentar, link download, dan fitur lain yang lain. Sayang, situs ini sedang mengalangi pengembangan sehingga pada saat kita membukanya, kita akan diarahkan untuk masuk ke situs yang baru. Situs yang baru tersebut, tampilannya sangat sederhana, kurang memanjakan pembacanya. Tapi tidak apa-apalah, orang gratis juga kok.

3. Intechopen

Sepertinya situs ini masih baru karena ada tulisan beta-nya. Menyediakan lebih dari 200 koleksi buku dan jurnal. Bisa di-search berdasarkan ISBN, ISSN, Author, atau Title.

Sebenernya masih banyak yang lain, cuma 3 situs tersebut yang paling sering aku akses. Kalau ada yang lain, tolong kasih tahu aku ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s