Janganlah Sesali Masa Lalu

Jadikanlah masa lalu sebagai guru yang terbaik bagi kita. Jangan biarkan kesalahan di masa lalu menenggelamkan kita dalam samudra penyesalan. Yakinlah bahwa setiap peristiwa yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Allah SWT dan yakinlah bahwa semua pasti ada hikmahya. Tinggal kita mau mengambil hikmahnya atau tidak. Jadi janganlah kita menjadi orang yang merugi karena hari ini sama denga hari kemarin, apalagi menjadi orang yang terlaknat karena hari ini lebih buruk dari hari kemarin. So, tetap semangat dan jangan putus asa. Masih ada hari esok yang sudah menunggu karya-karya terbaik kita.

Hadits Rasulullah SAW, “Mintalah kepada Allah dan jangan lemah. Jangan katakan, andaikan saja aku melakukan ini dan itu, pasti begini begini. Tapi katakanlah, Allah telah menggariskan takdir dan apa yang Ia kehendaki pasti terjadi. Karena sesungguhnya kata-kata seandainya akan membuka peluang gangguan syaithan.” (HR. Muslim).

Al-Quran melarang kita menyerupai orang kafir yang biasa menggunakan kata-kata seandainya. Kata-kata itu tak pernah bisa merubah apa yang sudah lewat dan tak pernah menghidupkan yang mati. Mari kita mentadabburi firman Allah dalam surat Ali Imran:156 di bawah ini:

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu seperti orang-orang kafir (orang-orang munafiq) itu, yang mengatakan pada saudara-saudara mereka apabila mereka mengadakan perjalanan di muka bumi atau mereka berperang : kalau mereka tetap bersama-sama kita tentulah mereka tidak akan mati dan tidak dibunuh. Akibat (dari perkataan dan keyakinan mereka) yang demikian itu, Allah menimbulkan rasa penyesalan yang sangat di dalam hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan. Dan Allah melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Ali Imran:156)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s