Wajah Baru Perpustakaan Pusat ITB

Perpustakaan ITB dalam perjalanan waktu telah mengalami beberapa kali perbaikan. Yang saya tahu, awalnya berwarna putih, kemudian biru, dan sekarang menjadi putih kembali.

Pertama kali saya masuk ITB, sama sekali tidak mengira kalau gedung yang satu itu adalah perpustakaan pusat. Melihat secara sekilas, lebih mirip seperti toilet berukuran raksasa. Ya, mungkin kesan itu ada karena penggunaan keramik pada dinding perpus yang mirip dengan keramik pada sebagian besar toilet yang saya jumpai. Apalagi ditambah dengan banyaknya keramik yang sudah mengelupas/retak dan berlumut, menambah kemiripan di antara keduanya.

Sudah sejak lama saya bertanya-tanya kapan perpus akan diperbaiki. Padahal banyak orang yang sudah mengharapkan adanya perbaikan, baik itu gedungnya maupun fasilitas di dalamnya. Saya mengira mungkin karena belum ada alokasi dana yang cukup untuk ke arah sana. Ya, wajarlah melihat kondisi perpus tersebut, tidak terlalu banyak mahasiswa yang betah berlama-lama di perpus. Jangankan berlama-lama, banyak yg datang pun sudah suatu prestasi tersendiri.

Alhamdulillah, dalam beberapa minggu ke depan kita akan melihat wajah baru perpus ITB yang mudah-mudahan bisa menarik lebih banyak mahasiswa. Sayang sekali jika perpus yang bisa dibilang lengkap (skala indonesia), tidak dimanfaatkan dengan baik. Banyak sekali sumber-sumber ilmu di sana, mulai dari jurnal, skripsi (TA), tesis, buku teks, buku bacaan umum, dll. Walaupun sekarang sudah ada internet dan google, saya rasa perpus tetap menawarkan manfaat lain yang tidak bisa didapatkan dari internet.

Perpustakaan Pusat ITB jaman dulu

Perpustakaan Pusat ITB sebelum diperbaiki

Perpustakan Pusat ITB dalam perbaikan

2 thoughts on “Wajah Baru Perpustakaan Pusat ITB

  1. Halo salam kenal

    Wah alhamdulillah akhirnya perpus kita di improve juga
    dulu kondisi nya memang bisa dibilang kurang layak (utk univ sekelas itb)

    apalagi fasilitas sistem informasinya.. waktu itu kadang2 sy merasa malu bahwa kondisi itb koq seperti itu

    syukur kalau sekarang sudah lebih baik

    Syeilendra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s