Synthesis and Formality Verification

Synthesis

Sintesis adalah sebuah bagian dalam proses verifikasi yang berfungsi menerjemahkan deskripsi RTL ke dalam implementasi gate level. Salah satu software yang bisa digunakan untuk sintesis adalah Design Compiler yang merupakan bagian dari produk Synopsys. Design Compiler menyediakan optimasi constraint-driven dan mendukung berbagai design style. Software tersebut dapat mensintesis deskripsi HDL menjadi technology-dependent, desain gate-level. Design Compiler dapat mengoptimalkan desain kombinasional dan sekuensial untuk speed, area, dan power, serta mendukung desain flat dan hierarkis.

Sintesis

Gambar 1. Overview Design Compiler

Formality Verification

Formality adalah sebuah tool dari synopsys yang digunakan untuk formal verification. Sedangkan formal verification itu sendiri adalah metode untuk mengecek apakah dua desain mempunyai fungsi yang ekivalen tanpa melakukan proses simulasi. Desain yang pertama berperan sebagai desain referensi (desain ideal), desain yang kedua sebagai desain implementasi yang akan dicek.

Formal verification digunakan untuk mengecek bahwa sintesis sudah benar/menghasilkan fungsi yang sama dengan RTL. Jika tidak menggunakan formal verification dan memilih melakukan simulasi netlist untuk memastikan bahwa netlist itu benar, akan dibutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien, apalagi jika ditemukan bug. Oleh karena itu, metode formal verification dapat menyelesaikan masalah ini. Untuk menjalankan formality, kita harus membaca desain referensi dan implementasi dan beberapa library. Kemudian kita harus menge-set top-level design sebagai desain referensi sebelum melanjutkan ke desain implementasi.

Formal1

Gambar 2. Alur pembacaan desain pada formality

Formal2

Gambar 3. Ringkasan proses verifikasi desain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s