SNMPTN Sudah Dekat

SNMPTN atau yang lebih akrab disebut SPMB untuk tahun 2008 sudah dekat. Kurang lebih 18 hari lagi atau lebih tepatnya tanggal 2-3 Juli 2008, siswa lulusan SMA/sederajat akan berebut kursi di berbagai PTN di Indonesia.

Berbicara tentang SPMB memang suatu hal yang menarik. Kita tidak hanya dituntut bisa mengerjakan soal dengan benar tapi juga dengan cepat. Strategi yang jitu dalam mengerjakan soal akan sangat membantu. Mengingat kata SPMB, bagi saya sama saja mengingat pengalaman 2 tahun lalu. Saya ikut SPMB tahun 2006, bertempat di ruang auditorium fakultas psikologi UGM. Banyak hal menarik yang terjadi di sana. Salah satunya adalah terjadinya gempa kecil yang merobohkan kursi-kursi yang di sandarkan di tembok.

“Brak…brak….brak”, suara kursi jatuh itu menghentikan jemari saya dalam menyelesaikan soal. Saya coba melihat ke sekeliling, semua orang ternyata juga panik. Sang pengawas mencoba menenangkan para peserta tes. Mereka meyakinkan bahwa tidak terjadi apa-apa dan sebaiknya melanjutkan mengerjakan soal. Saya juga sempat panik tapi tidak sampai kepikiran bahwa itu gempa. Saya baru sadar bahwa itu gempa ketika pulang ke tempat kos di pogung kidul. Teman saya bercerita kalau di ruangannya banyak siswa yang berhamburan ke luar karena gempa kecil itu, maklum sebulan sebelumnya jogja dihajar gempa dahsyat yang banyak menelan korban. Alhamdulillah, tidak ada korban yang jatuh dan SPMB bisa terlewati dengan baik.

Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya

Sekarang giliran siswa-siswa lulusan 2008 yang akan menjajal keampuhan SPMB, yang untuk pertama kalinya bertransformasi menjadi SNMPTN. Untuk semua yang akan menghadapi SPMB, selamat berjuang. Kalian pasti bisa, ayo buktikan pada dunia!!!

Leave a Reply

